H. Said Sani, Narkoba Merupakan Extra Ordinary Crime

  • Bagikan

SatuAcehNews – Gayo Lues | Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues telah melaksanakan serangkaian kegiatan Bimbingan Teknis Life Skill bagi masyarakat yang berada dalam kawasan rawan Narkoba, Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues, Selasa, (16/03/2022), Pukul 08.00 WIB.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh H. Said Sani selaku Wakil Bupati Gayo Lues, Fauzul Iman, ST.,M.Si Kepala BNNK Gayo Lues, Win Zulfian, ST Camat Pining, Forkopimcam, Babinsa serta Bhabinkamtibmas.

Yang menjadi sasaran kegiatan tersebut adalah kaum milenial yang berada di wilayah Kecamatan Pining meliputi; Desa (Pasir Putih, Pining, Lesten, Pertik, Ekan, Pintu Rime, Pepelah dan Agusen), dengan peserta diwakil 5 orang per desanya.

Setelah di awali dengan kegiatan Seremonial, Camat Pining Zulfian, ST dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Dengan adanya kegiatan Bimtek Life Skill pengembangan Kopi Robusta dan Arabika di Kec. Pining ini, diharapkan kepada peserta mampu mengembangkan dan meng-implementasikan setelah kegiatan life skill ini selesai”.

“Serta dapat meningkatkan skill yang baik masalah penanaman, pemetikan dan pengolahan kopi agar dapat meningkatkan perekonomian Petani,” tambahnya.

Kepala BNNK Gayo Lues Fauzul Iman, ST., M.Si dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa keberadaan kawasan rawan Narkoba ini mengindikasikan banyaknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di kawasan tersebut.

“Karena itu perlu dilakukan intervensi program P4GN dalam bentuk pelaksanaan program dan kegiatan kewirausahaan di kawasan rawan Narkoba oleh seluruh komponen,” tutur Kepala BNNK Gayo Lues tersebut.

“Sehingga terwujud masyarakat yang lebih baik (Produktif, Kreatif, Inovatif, dan Mandiri) yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba,” tambahnya.

Kemudian, dirinya menambahkan lagi bahwa program dan kegiatan kewirausahaan tersebut harus dilakukan secara terintegrasi, terpadu, sinergi, berkelanjutan dan dapat meningkatan kesejahteraan serta memacu daya saing masyarakat dalam mengembangkan potensi wilayah.

Kegiatan bimtek life skill akan diberikan pelatihan mengenai Kopi (Robusta/Arabika) dengan materi masa tanam, masa Panen, hingga proses pengolahan kopi (Pasca Panen).

“Harapannya, setelah kegiatan Life skill yang akan dilaksanakan selama tiga hari ini mampu mengubah mindset masyarakat pining untuk memiliki kesibukan atau usaha yang aman dan bermartabat tanpa melanggar hukum,” tutup Fauzul Iman, ST.,M.Si.

Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani memberikan arahan sekaligus membuka acara Life Skill di Kec. Pining, dirinya menyampaikan bahwa “Permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba merupakan kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang mengancam masa depan Indonesia dan bisa digunakan sebagai salah satu senjata dalam ‘Proxy War’ untuk melumpuhkan kekuatan bangsa kita”.

“Kejahatan Narkoba dilakukan secara terorganisir dengan cakupan luas yang bekerja dengan rapi dan sangat rahasia,” ungkap Wakil Bupati Gayo Lues tersebut.

“Berpedoman pada Inpres No. 2 Tahun 2020 telah mengamanatkan kepada Pemerintah Daerah agar melakukan fasilitasi dan melaksanakan Rencana Aksi P4GN periode 2020-2024,” jelasnya.

Serta Instruksi Gubernur Aceh No. 4 Tahun 2021 tentang Upaya Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika serta Pembentukan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Provinsi Aceh.

Melihat fenomena perilaku masyarakat yang masih menyalahgunakan Narkoba, maka mari itu dirinya mengajak masyarakat untuk berkomitmen penuh terhadap upaya P4GN dilingkungan tersebut.

“Mari kita dukung program BNN dalam hal pemberdayaan masyarakat. BNNK Gayo Lues hingga saat ini telah banyak melakukan program pemberdayaan di  Masyarakat, ini merupakan aksi nyata BNN dalam mewujudkan masyarakat Gayo Lues yang Mandiri tanpa Narkoba,” tutup Wakil Bupati Gayo Lues.

Di sisi lain Program Pemberdayaan BUMK dapat memberikan dukungan untuk kelanjutan Program life skill (pelatihan mengenai kopi), sehingga pemberdayaan yang diharapkan bisa berkesinambungan dengan hasil akhir masyarakat mampu mandiri dan produktif tanpa Narkoba. (HSY).

Sumber : BNNK Gayo Lues

Nasir Djamil Aceh Satu
  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.