fbpx

Hari yang Tak Terlupakan di Sigli

212

SatuAcehNews – Dua hiburan terbesar masyarakat Kota Sigli pada tahun ’80-an, setelah Hari Raya Idul Fitri, adalah peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dan pameran pembangunan di Gedung Pertemuan Sigli.

Dulu saat televisi hitam putih jarang ada yang punya, kami biasa menunggu di sisi jalan raya untuk menyaksikan adanya pawai atau karnaval. Kira-kira 2 km dari Masjid Al Falah, di lapangan Blang Asan Sigli setelah upacara bendera selesai dilakukan.

Saat itu bangunan belum banyak. Nama Blang Asan memang benar-benar tanah kosong seperti sawah. Hanya beberapa bangunan saja terlihat berdiri di sana. Beberapa pohon tumbuh subur dan gagah menghalangi pandangan. Mirip di film Litte House on the Prairie. Masih ingat?
Michael London dan Laura Ingalls, ingat?
Gerobak kayu dengan penutup terpal melintasi padang rerumputan, ingat? Bak budik.. TVRI punya barang.

Di kota kecil, Sigli, ini para bocah berbaris tak sabar menyaksikan apa saja yang akan melintas di depan mereka. Setiap kali ada kafilah yang berjalan di depan mereka, anak-anak tetap saja takjub.

Peluh membasahi baju mereka. Di tangan mereka biasanya ada makanan kecil berupa tebu yang dipotong-potong kecil dan ditusuk lidi. Atau teh manis dingin di dalam plastik. Sementara di jalan-jalan orang masih berjejal tak sabar menyaksikan marching band dari ABRI.

Anak-anak historis saat ada anggota marching band yang memakai topeng macan bergulingan di jalan raya sambil memukul drum. Atraksi mereka memang luar biasa menghibur warga.

Jika malam tiba, pelajar SD dan SMP berkumpul di depan Pendopo Bupati Pidie. Dengan seragam sekolah mereka berbaris dan masing-masing memegang bambu yang ujungnya dimasukkan sumbu. Malam itu pawai obor.

Hari-hari yang membahagiakan. Semua itu masih melintas di kenangan kita.

Nourman.
Banda Aceh.
18 Maret 2020

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More