fbpx

BPS Aceh Barat Melaksanakan Rakorkab SP 2020

120

SatuAcehNews – Badan Pusat Statistik BPS Kabupaten Aceh barat mengelar Rapat Koodinasi Kabupaten (Rakorkab) dalam kegiatan Sensus Penduduk SP 2020, di Aula Kantor BAPPEDA Aceh Barat, Kamis (5/3/2020).
Dalam Sambutan Bupati Aceh Barat Ramli. MS dalam Hal ini diwakili oleh Sekda Drs.Adonis, M.Si, Mengatakan sensus penduduk 2020 akan memanfaatkan data registrasi penduduk dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementrian Dalam Negeri sebagai data dasar untuk pengumpulan data.
Sensus Penduduk 2020 digelar berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, serta rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk dan Perumahan Tahun 2020.
SP2020 ini merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia yang ketujuh kalinya sejak tahun 1961, yang bertujuan untuk
menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.
Pada pelaksanaan SP2020, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan inovasi dan pembaruan metode dibandingkan enam sensus penduduk sebelumnya . Inovasi ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 tahun terakhir.

Sekda mengajak seluruh pihak ikut menyukseskan sensus penduduk tahun 2020 lantaran data sensus itu menjadi kunci bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan. “Hasil sensus penduduk ini akan dijadikan kunci dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan,” kata Sekda.
Lebih lanjut, Sekda menjelaskan, dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, dan pendidikan, maka pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah bisa memperoleh gambaran tentang kondisi kependudukan suatu wilayah.
Setelah hasil akhir SP2020 keluar,nanti lanjut Sekda, data tersebut dapat digunakan sebagai dasar menentukan kebijakan serta keputusan untuk perencanaan pembangunan berikutnya yang tepat sasaran.
Karena itu, pelaksanaan SP2020 dinilai sangat membutuhkan keterlibatan semua pihak “Oleh karena itu, saya menghimbau kepada para Hadirin yang berhadir untuk membantu pelaksanaan SP2020 dengan menyebarluaskan informasi mengenai SP2020 di berbagai kesempatan dan media yang ada, serta mengajak warga berpartisipasi dalam sensus penduduk ini,” katanya.

Paparan Materi Juga ikut dismpaikan oleh Kepala BPS Kabupaten Aceh Barat Mughlisuddin, SE, Sensus penduduk 2020 menuju satu data kependudukan indonesia maka kita yakin dan optimis kegiatan sensus penduduk 2020 ini akan berjalan sukses dan harapan menjadikan satu data kependudukan akan tercapai, ujarnya
Lebih lanjut beliau juga menayampaikan kegiatan Sensus penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua priode. Pertama dilaksanakan mulai tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020 adalah sensus penduduk secara online yaitu pengisian data kependudukan yang dilakukan secara mandiri oleh penduduk melalui https://sensus.bps.go.id,” ujarnya,
Untuk Periode kedua, dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Juli 2020. Ini tahapan sensus penduduk wawancara yang meliputi kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan berdasarkan daftar penduduk hasil pengisian sensus penduduk online,” katanya. .
Kegiatan yg dihadiri oleh hampir Semua Kepala SKPD yang berada di lingkup pemerintahan Kabupaten Aceh Barat ini, Juga dihadiri oleh Kepala Dinas kependudukan dan pencacatan sipil
Drs, Saijal Wahbi yang juga menjadi narasumber, beliau mengulas soal peran Disdukcapil dalam sensus penduduk 2020 serta konsolidasi data penduduk menuju satu data kependudukan indonesia, kita sangat yakin dan percaya BPS mampu dan akan sukses melaksankan sensus pendududuk 2020 ini, dan harapan besar kita menjadikan satu data kependudukan akan tercapai ,ujarnya. (SFD)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More