fbpx

Tingkatkan Mutu Lulusan, Dayah Madinatuddiniyah Gelar Sidang Munaqasyah Santri Akhir

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SatuAcehNews – Aceh Utara | Dayah Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada Kecamatan Dewantara gelar sidang munaqasyah santri akhir (3 MA) Tahun Pelajaran 2020/2021 di ruangan belajar Madrasah Aliyah pada hari Jum’at, (19/02/2021).

Peserta sidang Munaqasyah berjumlah 83 (delapan puluh tiga) peserta terdiri dari laki-laki sebanyak 34 (tiga puluh empat) peserta dan perempuan sebanyak 49 (empat puluh sembilan) peseta, adapun yang menjadi penguji sidang munaqasyah santri akhir yaitu seluruh dewan guru Dayah Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada yang mampu dan ahli di setiap bidangnya.

Sidang Munaqasyah santri akhir ini dilakukan guna menguji kemampuan dan keilmuan santri dalam memahami pembuatan karya ilmiah, kitab kuning, hafalan Al-Qur’an dan Bahasa asing (Arab dan Inggris).

Ketua Panitia, Muhammad Balya, S.Pd kepada SatuAcehNews mengatakan, “sidang munaqasyah santri akhir dilaksanakan selama 2 (dua) pekan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan panitia.” ucap Muhammad.

“Kegiatan sidang Munaqasyah Santri Akhir ini dilakukan selama dua Minggu di setiap hari jum’at dimulai dari tanggal (19/02) dan (26/02) didalam ruang belajar Madrasah Aliyah dan Sidang Munaqasyah dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB dan sore dimulai dari pukul 14.00 sampai dengan 18.00 WIB,” tambahnya.

Selanjutnya, ketua panitia menambahkan bahwa peserta sidang harus melewati beberapa tahapan dalam masa persiapan sebelum peserta mengikuti sidang munaqasyah santri akhir, salah satunya mempersiapkan Karya ilmiah.

“Peserta Sidang Munaqasyah Santri Akhir sebelum mengikuti sidang harus mempersiapkan beberapa hal diantaranya menyelesaikan karya ilmiah dalam bentuk makalah, menghafal Al-Qur’an sebanyak dua juz dan menghafal Hadits Matan Al-Arba’in, memahami kitab kuning dan memahami Bahasa Asing (Arab dan Inggris) dengan baik dan benar,” jelasnya

Selain itu, dengan adanya kegiatan sidang munaqasyah mampu meningkatkan ketekunan santri kelas akhir untuk murajaah (mengulang) dan mempertanggung jawabkan semua ilmu yang telah didapatkan selama berada di Dayah.

“Alhamdulillah banyak sekali efek positif dari pada pelaksanaan kegiatan sidang Santri Akhir ini, karena dengan dilaksanakan kegiatan tersebut dapat menumbuhkan semangat belajar dan murajaah bagi Santri Akhir sehingga memudahkan para santri ketika melanjutkan pendidikan kejenjang selanjutnya baik pada universitas dan Dayah Tradisional, dan untuk meningkatkan optimisme santri kelas akhir dalam menghadapi perkembangan zaman ketika mereka menyelesaikan pendidikan di Dayah Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada,” tutupnya. (MLN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Aktifkan notif.    Oke. Terimakasih.