fbpx

Warga Aceh Jaya Sulap Daun Kelor Jadi Berbagai Olahan Produk

SatuAcehNews – Seorang ibu rumah tangga warga gampong Bate Tutong, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya berhasil mengolah daun kelor menjadi beragam olahan produk. Cut Susiani mengakui usaha yang sudah rintis selama 5 tahun itu awalnya hanya memproduksi bubuk daun kelor. Kemudian ia terus berinovasi menghasilkan berbagai olahan produk.

“Sekarang sudah memproduksi serbuk daun kelor, sabun kelor, masker, kapsul serbuk daun kelor, minyak biji kelor, dan teh kelor. Dijual dengan berbagai variasi mulai dari harga 5 ribu sampai 125 ribu rupiah,” kata Cut Susiani pada Rabu, 12/02/2020.

Selain daun kelor, minyak biji kelor juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri sendi dan encok. Caranya cukup dengan mengoleskannya pada bagian tubuh yang sakit.

“Saat ini sudah ada enam jenis produk yang dihasilkan dari olahan daun dan biji kelor. Ada rencana mau buka tempat usaha di luar rumah, selama ini kan hanya produksi di rumah tidak ada tempat lain,” lanjutnya.

Kendala yang dihadapi saat ini adalah pemasaran produk yang masih kurang. Masih banyak orang yang tidak tahu manfaat dan olahan beragam produk dari daun kelor ini sehingga masih sepi peminat dan pemasar.

“Sebenarnya saya lebih fokus produksi saja. Sedangkan reseller ambil sekedarnya untuk dipasarkan. Karena belum banyak yang tahu produk olahan daun kelor ini,” tambah Cut.

Kemudian iapun berencana akan terus mengembangkan olahan daur kelor menjadi berbagai produk lainnya.

“Saya akan berangkat ke Bandung untuk belajar pengolahan daun kelor. Bisa untuk pembuatan produk sabun cair dan hand body,” tutupnya. (MHL)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More