fbpx

Calon Imam Hafidz di Simeulue Ikuti Seleksi

SatuAcehNews – Dinas Syariat Islam (DSI) Kabupaten Simeulue melakukan seleksi bagi calon imam hafidz di kabupaten kepulauan itu. Seleksi itu diadakan di Kantor DSI setempat. Diikuti sebanyak empat orang peserta yang berasal dari Kecamatan Teupah Selatan, Teluk Dalam, Simeulue Timur, dan Kecamatan Simeulue Tengah.

Kepala Dinas Syariat Islam Simeulue, Drs Hasbi, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan berdasarkan surat dari Dinas Syariat Islam Provinsi. Dimandatkan agar melakukan seleksi bagi calon imam hafidz di seluruh kabupaten di Aceh pada tahun 2020 ini. Tujuan seleksi tadi adalah untuk mencari kader-kader imam hafidz yang nantinya akan dididik selama sepuluh bulan di sebuah pesantren di Banda Aceh.

“Nanti bagi peserta yang berhasil lolos seleksi sebanyak tiga orang akan dididik menjadi imam yang hafidz Al-Qur’an. Untuk dijadikan imam di tempat ibadah yang ada di Simeulue ini,” kata Hasbi.

Dikatakan Hasbi, pada tahun 2019 lalu, program ini telah dilakukan dan berhasil mendidik dua orang anak dari Simeulue. Keduanya saat ini telah kembali dan menjadi imam di sejumlah tempat ibadah di kabupaten paling ujung Sumatera itu.

“Pada program ini pada tahun lalu sudah ada dua orang yang berhasil kita didik. Dan untuk tahun ini diminta sebanyak tiga orang untuk kembali menimba ilmu menjadi imam hafidz di pesantren,” jelas Hasbi.

Kepala UPTD Pengembangan dan Pemahaman Alquran (PPQ) Salman SE mengatakan terkait kegiatan seleksi ini. Harapannya semoga dapat terus berjalan di tahun mendatang sehingga diharapkan dapat menumbuhkan para imam hafidz di setiap kecamatan yang ada di Simeulue ini. Selain itu, kegiatan tersebut juga diharapakan dapat menimbulkan minat belajar Al-Qur’an bagi anak sejak dini.

“Dengan adanya program ini, semoga di setiap kecamatan di kabupaten kita ini ada imam yang hafidz serta dapat memahami isi kandungan kitab suci Al-Qur’an,” ucap Salman yang didampingi Zulfadli, Kasubag TU UPTD PPQ Dinas Syariat Islam Simeulue.

Dijelaskannya, hasil seleksi ini nantinya diumumkan oleh DSI Aceh setelah dilakukan perekapan dari seluruh kabupaten dan kota. Bagi peserta yang lulus akan diinfokan kemudian.

“Hasil seleksi ini nanti diumumkan oleh DSI Aceh, bagi yang lolos akan di infokan lagi,” tutur Salman. (AI)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More