fbpx

DPR RI Dukung TAHURA Trumon

SatuAcehNews – Ketua Forum Bersama Anggota DPR RI sekaligus DPD RI asal Aceh (FORBES) Nasir Djamil menerima kedatangan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Aceh Selatan Tgk Amran di Gedung Nusantara 1 DPR RI. Dalam hal ini diwakili oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Aceh Selatan Masrizal beserta tim.

Nasir Djamil dan Bupati Aceh SelatanDalam pertemuan itu, Masrizal mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menginformasikan bahwa pihaknya telah mengusulkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) melalui Direktorat Jenderal PKTL.

Terkait hal mendapatkan izin alihfungsi lahan seluas 280 hektar di Kecamatan Trumon, Aceh Selatan untuk dijadikan Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura).

Usulan Tahura tersebut diikuti dengan persiapan dan penyerahan kelengkapan persyaratan adminitrasi pengusulan Tahura.

“Kementerian KLHK telah memberikan tanggapan terkait pengusulan Tahura Trumon dengan mengeluarkan surat No.S.485/PKTL/KUH/PLA.2/4/2019 tentang tanggapan dan usulan perubahan fungsi kawasan hutan di Kabupaten Aceh Selatan,” ujar Masrizal pada Jumat (31/01/2020) kemarin.

Sebagai Ketua Forbes, Nasir Djamil menyambut baik keinginan dari masyarakat melalui Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk mewujudkan Tahura di wilayah itu. Politisi PKS itu mendukung upaya pengusulan Tahura Trumon untuk bisa direalisasikan oleh Kementrian KLHK.

“Forbes akan mengawal keinginan masyarakat dan Pemkab Aceh Selatan”, ujarnya.

Dikatakan, Forbes segera menyurati Kementerian KLHK dan bertemu dengan Menteri Siti Nurbaya untuk membicarakan pengusulan Tahura tersebut agar bisa segera dipercepat.

“Forbes akan bertemu dengan Ibu Menteri Siti Nurbaya dan menyerahkan dokumen-dokumen pendukung untuk pembentukan Tahura Trumon. Kita rencanakan di bulan Februari ini,” ujar Nasir Djamil.

Menurutnya, kehadiran Tahura Trumon Aceh Selatan nantinya akan sangat bermanfaat. Terdapat air terjun tangga seribu, air terjun Alue, gambee, harimau, gajah, kodok raksasa, kucing emas, dan satwa liar dilindungi yang dapat dijadikan wisata serta lokasi penelitian.

“Keberadaan flora dan fauna di Tahura Trumon sangat kaya dan beragam. Jika dijadikan Tahura, kawasan ini bisa menjadi objek wisata dan lokasi penelitian,” ungkap Nasir.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More