fbpx

Perkebunan & Peternakan Simeulue Berkembang Pesat, Tangan Dingin Erli Hasim Sejahterakan Rakyat

1

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SatuAcehNews | Simeulue – Sejak Kabupaten Simeulue dipimpin Bupati Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom, sektor perkebunan dan peternakan di kabupaten kepulauan itu berkembang pesat.

Lihat saja buktinya, melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Simeulue telah menyalurkan bantuan senilai Rp. 25.3 milyar rupiah kepada masyarakat Simeulue sejak tahun 2017 hingga 2020 lalu.

Anggaran sebesar itu digunakan untuk Sarana Prasarana dan Penyuluhan (PSP) senilai Rp. 11.2 milyar rupiah dan dibidang Perkebunan dan Peternakan senilai Rp.14 milyar rupiah.

Penjelasannya, sebanyak 15.380 ekor ternak dan 350.938 batang bibit tanaman jangka panjang berkualitas tinggi telah di salurkan ke masyarakat Simeulue sejak 2017 hingga tahun 2020.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Simeulue Hasrat Abubakar. SP, mengatakan setidaknya lebih dari 30% ekonomi masyarakat Simeulue meningkat di bidang perkebunan dan peternakan sejak Erli Hasim memimpin Kabupaten Simeulue.

“Ini merupakan cita-cita Bupati Erli Hasim untuk mensejahterakan rakyatnya, Bupati tidak hanya berjanji akan tetapi dia membuktikannya. Dana sebesar Rp. 25 Milyar lebih itu telah kita gunakan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, kita salurkan bantuan bibit tanaman, ternak kerbau, sapi, ayam dan juga kita bangun jalan perkebunan,” kata Hasrat, Ahad, (24/01/2021).

Menurut Hasrat, semua program dinas itu berjalan dengan baik, segala program prioritas Bupati Erli Hasim telah banyak tercapai.

Dijelaskan Hasrat, saat ini minat masyarakat terhadap Pinang Batara sangat tinggi dan kita akan menjadikan Pinang Batara sebagai prioritas utama. Lahan seluas 500 hektar telah di tanam pinang batara yang saat ini tersebar di seluruh Simeulue sehingga pengadaan bibit pinang ini tetap berjalan kedepannya.

Selain itu, Hasrat juga menjelaskan mengenai rumpun kerbau nasional di Simeulue yang populasinya saat ini mencapai 30.000 ekor termasuk 20 ekor sapi bantuan dari Presiden Jokowi telah berkembang di Simeulue ini.

“Cita-cita pak Bupati Erli Hasim untuk kemajuan Simeulue ini ke depan menjadikan Simeulue pasar penampung dan pengekspor daging kerbau dan sapi ke Uni Emirat Arab wilayah lainnya di dunia,” ujar Hasrat.

Menurut Hasrat, untuk mencapai mimpi itu Pemerintah Kabupaten Simeulue sudah membangun 1 lokasi terpadu seluas 517 hektar dan saat ini sedang sertifikasi di BPN. Lokasi itu menjadi tempat menampung ternak masyarakat Simeulue yang masih di pelihara dengan pola liar atau lepas dengan sistem ‘mawah’ atau bagi hasil.

Selain itu Hasrat juga mengungkapkan riwayat penghasilan masyarakat Kabupaten Simeulue sejak tahun 2018 lalu, ia mengatakan Simeulue pernah panen cengkeh sebanyak 3.000 ton dan di samping itu grafik penampungan kelapa juga meningkat tinggi.

“Kini sudah ada kebun sawit milik masyarakat seluas 4.800 hektar yang artinya semua produk komuniti meningkat sehingga ekonomi Simeulue terus naik,” tambahnya lagi.

Kami ini insan perkebunan dan peternakan bekerja di sektor tanaman tua, kami membantu menciptakan masa depan masyarakat dan kami berharap program ini dapat terus berlanjut.

“Apresiasi kami kepada Bupati Erli Hasim, karena support dan dukungan dari beliaulah sehingga dinas ini menjadi besar dan sangat membantu masyarakat. Kami berharap semoga pak Bupati selalu sehat dan semoga ke depan pak Bupati bisa melanjutkan program-program ini,” tutup Hasrat Abubakar. (AIH)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

  1. […] post Perkebunan & Peternakan Simeulue Berkembang Pesat, Tangan Dingin Erli Hasim Sejahterakan Rakyat appeared first on […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Aktifkan notif.    Oke. Terimakasih.