fbpx

Peringatan Dini : Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

165

SatuAcehNews | Aceh Besar – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, kembali mengeluarkan status peringatan dini terhadap kondisi cuaca ekstrem untuk sejumlah wilayah di Aceh yang berlaku hingga 14 Januari 2021.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Aceh Besar, Zakaria Ahmad saat dikonfirmasi SatuAcehNews, Selasa (12/01/2021) menyebutkan cuaca saat ini karena adanya belokan angin atau Shearline di sekitar wilayah Provinsi Aceh yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan.

“Kondisi ini dapat mengakibatkan fenomena cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang, sore, hingga malam dan dini hari. Serta adanya potensi gelombang laut tinggi yang mencapai tiga meter di beberapa wilayah perairan Aceh,” sebut Zakaria.

Dirincikan, wilayah berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir meliputi Aceh Tamiang, Gayo Lues, Aceh Tengah, Bener Meriah, Pidie, Aceh Barat, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Simeulue, Langsa, Aceh Besar, Aceh Utara, dan Lhokseumawe.

Sedangkan wilayah yang berpotensi gelombang tinggi meliputi Perairan Utara Sabang, Selat Malaka bagian Utara, dan Samudera Hindia bagian Barat Aceh. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi saat ini terutama bagi pemukiman di kawasan rawan banjir atau Daerah Aliran Sungai (DAS), dan juga bagi nelayan. (CSB)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More