Klinik Konstruksi SIMAKON Gelar Workshop Pembekalan bagi Tenaga Ahli Muda bidang Jalan, Jembatan dan Gedung

  • Bagikan
klinik konstruksi

Mengawali tahun 2021 ini, Ikatan Alumni Teknik Sipil (IKATSI) melalui Klinik Konstruksi Sipil Mandiri Konstruksi (SIMAKON) menggelar 2 kegiatan workshop berupa pembekalan bagi sarjana muda (freshgraduate) dari Prodi Teknik Sipil FT. Unsyiah. Pembekalan yang dilaksanakan pada Kamis 20 Januari 2021, bertempat di Sekretariat IKATSI Unsyiah, Jalan Prof. Ali Hasyimi, Gp. Ilie, ini merupakan rangkaian dari kegiatan Peresmian Sekretariat Baru IKATSI Unsyiah (pindah alamat). Di sekretariat baru ini tempatnya lebih luas dan nyaman, terdapat 2 ruang pertemuan yang dapay digunakan sebagai tempat rapat ataupun pelatihan-pelatihan.

IKATSI Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala merupakan salah satu wadah perkumpulan alumni dari program studi teknik sipil di Unsyiah. Alumni yang tergabung meliputi alumni dari jenjang D3, S1, dan S2. Memasuki umurnya yang ke 14 tahun, IKATSI semakin eksis dalam pembinaan sumber daya manusia bidang ketekniksipilan.

Pembekalan-pembekalan seperti ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan Alumni Freshgraduate agar siap tampil di dunia kerja, kegiatan ini akan diisi oleh para akademisi dan alumni dari Program Studi Teknik Sipil (PSTS) Unsyiah serta para praktisi lainnya. Pembekalan yang pertama adalah Pembekalan Tenaga Ahli Muda pada Pekerjaan Konsultan Manajemen Konstruksi Pembangunan Gedung. Sesi ini bertempat di Aula 2 yang diisi oleh DR. IR. Abdullah. M. Sc.; DR. Cut Zukhrina Oktaviani. ST. MT.; dan DR. IR. Husni Usman. M. Eng. Sc.

Pembekalan tentang Manajemen Konstruksi Gedung ini diperlukan karena sesuai dengan kebijakan pemerintah dan perkembangan konstruksi akhir-akhir ini, maka pelaksanaan konstruksi bangunan gedung lebih mengarah kepada pengawasan pelaksanaan oleh Konsultan Manajemen Konstruksi. Sehingga alumni-alumni freshgraduate harus secepatnya diberikan pemahaman dan pemantapan etos kerja pada kegiatan tersebut.

klinik konstruksi simakon
Pembekalan Tenaga Ahli Muda pada Pekerjaan Pengawasan Pembangunan Jalan dan Jembatan, yang disampaikan oleh Surya Bermansyah. ST. MT.; DR. Alfa Taras Bulba. ST. M.Sc.; dan DR. Yulia hayati. ST. M.Eng.

Pembekalan Klinik Konstruksi yang kedua adalah Pembekalan Tenaga Ahli Muda pada Pekerjaan Pengawasan Pembangunan Jalan dan Jembatan, yang disampaikan oleh Surya Bermansyah. ST. MT.; DR. Alfa Taras Bulba. ST. M.Sc.; dan DR. Yulia hayati. ST. M.Eng. Pembekalan ini diikuti oleh 20 peserta disetiap sesinya. Selain menyampaikan detail-detail tentang kegiatan pekerjaan Jalan Jembatan yang harus menjadi perhatian saat melaksanakan pengawasan di lapangan, peserta juga dibekali semangat kerja, jiwa korsa dan kerjasama dalam bekerja secara tim.

Kegiatan Workshop / Pembekalan Klinik Konstruksi ini diselesaikan dalam satu hari kegiatan, dimulai jam 10.00 yang diawali dengan sambutan Ketua IKATSI Unsyiah, bapak Junaidi Ali. ST. MT., yang hadir dalam rangka peresmian sekretariat, dilanjutkan dengan ishoma siang dan selesai pukul 17.00 wib.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah berdiskusi dan transfer informasi bagi para peserta dalam pengetahuan dan teknologi yang dipelajari di kampus dengan pengetahuan praktis yang berkembang di dunia kerja. (AAA)

 

Nasir Djamil Aceh Satu
  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.