fbpx

Dimensi Kepemimpinan

46

Oleh : Taufik Sentana, Praktisi Pengembangan SDM

SatuAcehNews – Dimensi pokok dari kepemimpinan adalah kepastian visi, pengaruh dan daya ubah. Adapun kepengurusan teknis, manajerial, menjamin berlangsungnya etos kepemimpinan sesuai maksud sehingga memperoleh hasil yang relevan, efektif dan bermanfaat secara jangka panjang.

Setiap level sosial dan strruktur organisasi membutuhkan gaya dan semangat kepemimpinan. Fungsi dan cakupan dimensinya sama: visi, pengaruh, daya ubah. Bahkan kepemimpinan non etis juga memiliki kaitan yang sama, apakah itu untuk kejatuhan ataupun kebangkitan/perbaikan, itulah daya ubahnya. Waktu dan peradaban manusia akan menilai, apakah perubahan itu baik atau buruk.

Kenapa tak kentara perubahan signifikan di masyarakat kita? katakanlah, setelah reformasi, kenapa? Itu karena, daya ubah kepemimpinan kita masih sebatas prosedural, teknis dan birokratis. Namun visi besar pembangunan masyarakat menguap bersama jargon-jargon populis-politis, intrik dan beban beban sosial.

Dalam pada itu kita terus berupaya menyalakan lilin kepemimpinan, cahaya perubahan kecil dari diri sendiri, keluarga dan (mungkin) sekolah idealis-pionir, yang bergerak dalam misi perbaikan masyarakat.

Itu bermakna bahwa, sang diri (secara personal) dan struktur masyarakat mesti memperluas cakupan pengaruh dan daya ubahnya. Demikian pula lembaga non formal/pranata sosiologis, seperti masjid dan komunitas untuk sejalan dalan membangun semangat etis dimensi kepemimpinan guna mencapai kebangkitan masyarakat, daya tahan dan sumbangsih bagi peradaban dunia.

Memang bukan rahasia lagi, kita kehilangan dimensi kepemimpinan dalam level masyarakat kita. Maka betul, kata seorang pakar barat, sekiranya Kepemimpinan Muhammad SAW menyala selayaknya ia hidup dulu, niscaya dunia akan menemukan kedamaian, dan dia akan banyak menyelesaikan perkara perkara pelik yang kita hadapi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More