fbpx

Bupati: Jangan Gunakan Air Raksa untuk Cari Emas

355

SatuAcehNews – Bupati Aceh Tenggara, Raidin Pinim, mengingatkan dan melarang warga menggunakan air raksa untuk mencari butiran emas. Terkait dengan aktivitas ratusan warga yang mencari butiran emas di Pinggir Aliran Sungai Kali Alas. Tepatnya di Seldok kecamatan Ketambe kabupaten Aceh Tenggara. 

“Boleh saja warga melakukan aktivitas tersebut asalkan tidak menggunakan air raksa maupun alat berat seperti eskalator dan sejenisnya. Karena hal itu dapat membahayakan lingkungan dan merusak ekosistem sungai tersebut,” Kata Bupati Aceh tenggara Raidin Pinim Khususnya kepada Masyarakat di Aceh Tenggara, Ahad (04/01/2021) lalu.

Raidin Pinim, menyebutkan, aktivitas mendulang emas di Kecamatan Darul Hasanah dan Ketambe memang sudah berjalan selama dua pekan terakhir. Informasi itu diperoleh berdasarkan laporan dari pihak kecamatan setempat, yang membenarkan adanya kegiatan tersebut oleh warga, ungkap Raidin Pinim.

Berita terkait: Heboh! Warga Aceh Tenggara Serbu Butiran Emas di Sungai Alas

Sementara ini belum ada kita lakukan larangan kepada warga untuk mendulang emas, sepanjang alat yang mereka gunakan seadanya (tradisional). Tidak merusak lingkungan ataupun ekosistem sungai tersebut.

Ratusan warga di Kabupaten Aceh Tenggara, dilaporkan menyerbu lokasi penemuan butiran emas di pinggiran Sungai kali Alas, tepatnya di Desa Babul Makmur Kecamatan Darul Hasanah dan Desa Seldok Kecamatan Ketambe, sejak beberapa hari terakhir.

Menurut Bupati Raidin Pinim, banyaknya warga yang mendadak beralih profesi sebagai pendulang emas di Sungai kali Alas, di samping karena tergiur dengan penghasilan yang lumayan, juga banyak warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Pandemi telah mempengaruhi ekonomi warga, dan banyak di antara mereka yang menghadapi kesulitan keuangan. Maka dengan adanya harapan mendapatkan butiran emas di Sungai kali Alas, mendorong warga untuk berburu logam mulia itu ke lokasi tersebut, pungkas Bupati Raidin Pinim. (ARS).

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More